Belajar Beatbox Tingkat Dasar Bagi Pemula - DaryLakhir

Belajar Beatbox Bagi Pemula !




Gambar Ini Adalah Hikakin, Seorang Beatboxer asal Negara Jepang.
                    
Beatbox
 merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalu

i alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme. Meskipun pada dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beatbox terletak pada keterkaitannya dengan budaya dan musik Hip Hop[1]. Meski demikian pada praktiknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya.
Sumber : Wikipedia

Cara Nge-Beatbox

     Pada dasarnya Beatbox itu memiliki 4 Bunyi, Bunyi itu :
1. B (Kick Bass)
2. T (Hi-Hat)
3. K (Inward K Snare
4. PFT (PFT Snare)

Lalu Bagaimana cara pengucapan tersebut ?
Mudah saja,


1. B (Kick Bass)

    

          Pada teknik ini kalian hanya tinggal mengucapkan Huruf B dengan suara yang yang keras, Eitsss... Tapi suara kerasnya bukan waktu di huruf E nya / B-(EEEEEEEE)!!!. . . Bukan seperti itu, tapi kalian hanya lebih mengfokuskan suara Kick Bass kalian itu di huruf pembukaan B, Ucapkan B itu dengan pernafasan paru paru/di dorong, Jadi nanti terdengar suara (B)effttt!!! nah, cobalah kalian lebih Bersihkan suara B kalian dengan Pernafasan yang ada di mulut/tanpa menggunakan paru-paru. Jika sudah ucapkan huruf B-B-B-B-B-B terus! berulang kali sampai suara B kalian bersih/Terdengar suara Kick Bass asli.

2. T (Hi-Hat)


          

          Pada teknik yang kedua ini, Kalian diharuskan mengucapkan huruf "TSSSSS" suaranya terdengar seperti ban kempes, pengucapannya hanya, Pepetkan lidah kalian kedepan gigi/dorong lidah ke arah gigi depan, tapi, gigi kalian harus tertutup dan mulut terbuka kemudian ucapkan huruf "Ts" dengan posisi gigi, mulut, dan lidah kalian seperti. Nanti akan terdengar suara TS yang bersih,  Tapi "T" bukan seperti itu suaranya, hanya bicara Ts dan huruf S nya di hilangkan jadi nanti suaranya akan terdengar "TE" jangan ngeres -_-".


3. K (Inward K Snare)



           Nah, Tahap ini yang orang bilang sangat susah untuk diucapkan,
Pengucapannya itu hanya Lontarkan lidah kalian seperti Hewan Anjing, lalu lidah yang menjolor kebawah coba taruh dan pepetkan ke atas gigi, jadi kan hewan anjing itu lidahnya kebawah dan kalau ini ke atas.
Kecilkan ruang gigi atas dan gigi bawah. Jadi, lidah kalian akan tergigit, oh ya gigit nya jangan kencang-kencang ya, nanti sakit. Hahaha.

Kemudian, jika posisi Gigi dan lidah kalian sudah melakukan hal yang ada diatas. Coba tarik nafas kalian sekuat mungkin, nanti ada suara  seperti "SSSTTTT" nah, kalau sudah terdengar bunyi seperti itu. Hentakkan! hentakkan!! hentakkan!!! Suaranya akan seperti "Kch". Jika sudah, kan lidah kalian ada ditengah, nah coba lah taruh disebelah kiri/kanan mulut, dan hentakkan lagi. Suara K Inward Snare akan terdengar lebih sempurna.


Jika kalian sudah menguasai teknik ke 3 tersebut. Coba kalian masukkan kedalam Beat. seperti ini.

1. B T K T T B K Ulangi terus, (Kecepatan Boleh Lambat/Normal)

2. B T K T K T K B K Ulangi terus-menerus, (Kecepatan boleh dipercepat)
Tips Tips Mudah Nge-Beatbox dengan Lancar.

1. Mainkan Beat-Beat Kalian punya, atau kalian bisa bergabung sebuah komunitas untuk belajar/sharing-sharing bareng.

2. Tentunya, Berdo'a Kepada Tuhan. agar Hobi ini bisa jauh lebih berkembang.

3. Jangan pernah takut untuk mencoba.

4. Kuasai Teknik-Teknik yang mudah terlebih dahulu baru ke yang sulit.


Jika masih sulit untuk belajar Beatbox, Kalian bisa menonton Video-Video yang ada di Youtube. Di Youtube banyak kok, yang menyediakan Tutorial Beatbox.


Saya rasa cukup sekian, Jika ada hal yang kurang jelas, bisa ditanyakan.
Semoga bermanfaat!







Postingan terkait: